animasi bergerak gif
My Widget

Kamis, 28 Mei 2015

PAPUA
28-05-2015
Budaya Papua
Papua terkenal dengan kebudayaannya yang sangat unik dan beraneka ragam. Budaya papua lebih mengutamakan keaslian budayanya dan tidak terpengaruhi oleh perkembangan zaman dan dari budaya manapun. Nilai etnisnya masih kental dengan budaya nenek moyang orang papua terdahulu contohnya alat music khas musik papua yaitu tifa alat Musik Tradisional Papua Alat musik. Tifa merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah maluku serta papua. Bentuknya alat musik Tifa mirip gendang dan cara memainkannya. Tifa adalah dengan cara dipukul. Alat musik Tifa terbuat dari bahan sebatang kayu yang isinya sudah dikosongkan serta pada salah satu ujungnya ditutup dengan menggunakan kulit hewan rusa yang terlebih dulu dikeringkan.Kenapa harus menggunakan kulit hewan rusa karena untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. Alat musik ini sering di mainkan sebagai istrumen musik tradisional dan sering juga dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional, seperti Tarian perang, Tarian tradisional asmat,dan Tarian gatsi.
dari permainan istrumen musik tradisional, Tifa juga selalu dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional, seperti Tarian perang, Tarian tradisional asmat,dan Tarian gatsi. Tarian tersebut biasanya digunakan pada acara-acara tertentu seperti upacara-upacara adat maupun acara-acara penting lainnya.

Tarian Tradisional Daerah Papua
Salah satu tarian khas papua yaitu Yosim Pancar (YOSPAN). Di dalam tarian ini terdapat aneka bentuk gerak tarian seperti tari Gale-gale, tari Pacul Tiga, tari Seka, Tari Sajojo, tari Balada serta tari Cendrawasih. Dimainkan dengan perkelompok atau dengan grup tari.Tarian tradisional Papua ini sering di mainkan dalam berbagai kesempatan seperti untuk penyambutan tamu terhormat, penyambutan para turis asing yang datang ke Papua serta dimainkan adalah dalam upacara adat. Tujuan utamanya tari yospan yaitu untuk mempersatukan masyarakat atau suku  dan juga bisa mendamaikan suku atau masyarakat yang sedang dilanda konflik

Pakaian Adat Tradisional Papua
Pakaian adat Papua untuk pria dan wanita hampir sama bentuknya. Pakaian adat tersebuta memakai hiasan-hiasan seperti hiasan kepala berupa burung cendrawasih, gelang, kalung, dan ikat pinggang dari manik-manik, serta rumbai-rumbai pada pergelangan kaki. Biasanya juga pria sering menggunakan koteka dan wanita mengunakan rumbai-rumbai. Tetapi pakaian adat yang sering di gunakan orang suku pedalaman yang tinggal di gunung yaitu yang pria menggunakan koteka saja dan yang wanita hanya menggunakan rumbai-rumbai atau wah yang dibuat dari serat rumput untuk menutupi wilayah atau sekitar kemaluannya.

Rumah Adat Papua
Nama rumah asli Papua adalah Honai yaitu rumah khas asli Papua yang dihuni oleh Suku Dani. Bahan untuk membuat rumah Honai dari kayu dengan dan atapnya berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami atau ilalang. Rumah tradisional Honai mempunyai pintu yang kecil dan tidak berjendela. Umumnya rumah Honai terdiri dari 2 lantai yang terdiri dari lantai pertama untuk tempat tidur sedangkan lantai kedua digunakan sebagai tempat untuk bersantai, makan, serta untuk mengerjakan kerajinan tangan. Honai biasanya juga sering digunakan sebagai tempat ibadah atau ritual agama dan juga biasanya tempat penyimpanan mumi pahlawan atau orang yang memimpin di suku dan orang yang dihormati atau dianggap memiliki konstribusi yang besar untuk masyarakat atau suku

Makanan Khas Papua
Makanan khas papua yang kita kenal yaitu papeda. Papeda sering kita jumpai di acara pernikahan orang papua,festival makanan,warung atau tempat makan yang menjual khas makanan papua, bisa membuatnya sendiri di rumah. Biasanya papeda di buat dari tepung sagu yang sudah di proses terlebih dahulu sehingga menjadi tepung sebagai bahan dasar pembuatan papeda.Pembuatan papeda sebenarnya tidak terlalu rumit yaitu cara pertama siapkan tepung sagu sesuai porsi,kedua tuang atau taruh tepung sagu ke dalam baskom atau tempat untuk mengaduk papeda, ketiga cukup menyiram tepung sagu dengan air panas atau air mendidih yang baru selesai di rebus di kompor, terakhir tunggu beberapa menit sampai tepung sagu menggumpal sambil diaduk dengan sendok nasi atau sotil (dalam bahasa jawa). Alat dan bahan untuk membuat papeda yaitu,baskom untuk tempat mengaduk tepung sagu,sendok nasi atau sotil, tepung sagu (sesuai porsi yang mau di buat).Biasanya papeda disajikan lebih nikmat dengan kuah kuning, sayur bunga papaya,kangkung tumis, ikan bakar dan sambel dabu-dabu

 Ciri Khas Orang Papua
Mata pencaharian
Mata pencaharian utama adalah bercocok tanam di sawah atau lading. Tanaman yang sering mereka tanam adalah singkong, hipare atau ubi jalar.
Religi

Orang papua masih banyak mempercayai ajaran nenek moyang tetapi ada juga yang percaya bahwa tuhan itu ada dan juga memiliki agama khususnya orang papua yang tinggal di daerah pedalaman. Agama yang mendominasi atau yang paling banyak dianut orang papua yaitu Kristen protestan,Kratolik,islam.Bagi kepercayaan orang papua suku pedalaman pada saat berduka mereka memutuskan jari dan melumuri muka dengan tanah liat ketika berduka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar