animasi bergerak gif
My Widget

Kamis, 28 Mei 2015

PERKEMBANGAN DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI
Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di indonesia berkembang pesat dari tahun ke tahun saat indonesia masih dalam penjajahan Belanda.Pada waktu masyarakat diperkenalkan pada persenjataan modern baik jenis ringan maupun yang berat. Teknologi lain yang diperlihatkan dan digunakan oleh Belanda berupa kendaraan tempur dan alat-alat transportasi lainnya. Teknologi-teknologi tersebut berasal dari negara-negara di Eropa. Kemudian pemerintah kolonial Belanda menanamkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan di sekolah-sekolah maupun dengan cara penggunaan secara langsung kepada masyarakat di indonesia.
Dari perkembangan tersebut membawa dampak yang berbeda dari sebelumnya. Masyarakat yang dulunya belum mengenal teknologi sekarang menjadi tau . Sehingga masyarakat Indonesia termotivasi untuk melakukan pergerkan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk mencari informasi-informasi terkini mengenai keadaan dunia. Masyarakat Indonesia sangat terbantu dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
 Secara keseluruhan penyebab lain dari ketertinggalan Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi adalah sebagai berikut :
a. Sangat sedikit orang Indonesia yang mendapat pendidikan terutama pendidikan yang tinggi
b. Masyarakat Indonesia tidak pernah terlibat langsung dalam pengembangan dan pembelajaran tentang iptek
c. Minimnya industrialisasi.
d. Kurangnya inovasi dan kreativitas teknologi yang berarti.

Setelah masa penjajahan selesai, perkembangan ilmu pengatahuan dan teknologi berkembang sangat pesat di Indonesia. Hal ini disebabkan dengan adanya keterbukaanya akses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat di Indonesia.Perlaha. Dengan bekal pengetahuan ini kemudian masyarakat Indonesia melakukan berbagai inovasi dan eksperimen dan juga kreativitas tentang ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Syarat untuk mencapai sasaran tersebut, maka arah pembangunan iptek adalah sebagai berikut:
1.      Pemanfaatan pengembangan dan penguasaannya dapat mempercepat proses pembaharuan.
2.      Meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
3.      Memperluas lapangan kerja.
4.      Meningkatkan kualitas harkat dan martabat bangsa serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia setelah merdeka terbagi menjadi dua dekade. Pada dekade pertama, yaitu tahun 1945-1960, bangsa indonesia mulai mengerti arti teknologi produksi, walaupun masih dalam tingkat pasif dan penuh ketergantunga pada pihak luar negeri. Hasil dari pengenalan ilmu pengenalan teknologi untuk pertama kali yaitu pembangunan pabrik semen di Gresik, pabrik kertas di blabak (Magelang),pabrik gelas, dan kosmetik di Surabaya di pertengahan dekade 1950an. Pada dekade ke-2 yaitu pada tahun 1976 dengan mendirikan pabrik pesawat terbang di Bandung yang di beri nama industri pesawat terbang NUR TANIO (IPTN) yang menggunakan teknologi yang lebih canggih lagi. Teknologi dari pabrik pesawat terbang ini mengacuh pada teknologi di Jerman.Pembuatan senjata rakitan dalam negeri PT PINDAD
Ilmu pengetahuan dan teknologi di satu sisi bermanfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya, di sisi lain menimbulkan dampak negatif.

Kemajuan dan Manfaat IPTEK
1.    Limbah ternak untuk pupuk (kompos).
2.    Sampah dimanfaatkan menjadi gas bio yang berguna untuk keperluan memasak,
4.    Ditemukannya alat untuk membuat bakteri yang digunakan untuk membuat biogas
penerangan, dan tenaga gerak.
3.    Dengan detoksifikasi surya yaitu sistem pengolahan air yang terkontaminasi dengan memanfaatkan panas matahari/ultraviolet sehingga menghasilkan air yang bersih.
4.    Dalam bidang komunikasi (radio,TV, telephone, handphone, internet) sehingga penggunaan waktu lebih efisien dan cepat 
5. Dalam bidang otomotif Indonesia sudah bisa merakit mesin mobil dan motor tanpa harus membuatnya di jepang atau di Negara maju lainnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar